Selamat Datang di Situs Resmi Dinas Pertanian Kabupaten Batu Bara

DINAS PERTANIAN PANEN PERDANA PADI SAWAH DENGAN TEKNOLOGI WOOD VINEGAR

Umum Jumat, 17 Juli 2020 - Oleh Diskominfo Batubara

Dinas Pertanian Batubara bekerja sama dengan UKM Arang Binaan PT KIM (Persero) dan Polres Batubara melaksanakan panen padi perdana dengan inovasi teknologi wood vinegar (Asap Cair) di Dusun I Desa Tanjung Muda, Kecamatan Air Putih, Kamis (16/7).

Pemerintahan Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Pertanian bekerjasama dengan UKM Arang Binaan PT. KIM (Persero) Dan Polres Batu Bara melaksanakan Panen Padi Perdana dengan Inovasi Teknologi Wood Vinegar (Asap Cair) di dusun 1 Desa Tanjung Muda Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Kamis (16/7) sekira pukul 14.00 wib.

Dalam Kesempatan ini Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Batu Bara M. Ridwan SP. M. AGRiC. Sc menjelaskan bahwa tujuan Inovasi Teknologi Wood Vinegar adalah untuk meningkatkan hasil produksi padi 30-40 persen per HA.

Lahan pertanian Batu Bara semakin berkurang maka perlu dilakukan intensifikasi atau peningkatan produksi pertanian melalui Inovasi Teknologi Wood Vinegar (Asap Cair) yang merupakan pupuk cair organik yang mempunyai dua fungsi sekaligus sebagai pupuk yang menyuburkan tanaman dan sebagai insektisida nabati yang ramah lingkungan.

Wood Vinegar adalah salah satu upaya menanggulangi keterbatasan pupuk subsidi dan memperbaiki struktur fisik dan kimia tanah yang sudah semakin krisis akibat penggunaan pupuk kimia secara terus menerus

Hal ini senada dengan sengaja dipilih lahan pertanian masyarakat yang kurang baik untuk membuktikan dan melihat hasil pertanian menggunakan pupuk organik asap cair.

 

"Alhamdulillah hasilnya sangat luar biasa. Sebelumnya masyarakat hanya mampu menghasilkan 4 ton padi di lahan seluas satu hektare. Setelah menggunakan pupuk organik asap cair bisa mencapai 6 ton padi per hektare," ujar Ridwan

 

Sementara Bupati Batubara, Zahir, bangga kepada PT KIM yang telah ikut menjaga stabilitas ketahanan pangan di Kabupaten Batubara melalui peningkatan padi petani dengan mengunakan pupuk organik asap cair yang dapat meningkatkan hasil pertanian masyarakat.

"Ini tentunya sangat menguntungkan bagi masyarakat Kabupaten Batubara," ujar Zahir.